TIPS MEMOTRET DIKALA HUJAN

Hujan memang menjadi halangan bagi sebagian orang, khususnya bagi pelajar dan pekerja. Karena hujan, mereka terhambat bahkan tidak dapat berangkat atau beraktivitas dengan lancar.

Namun, hujan dapat menjadi berkah bagi sebagian orang seperti petani, PLTA, dan perikanan. Selain itu, hujan juga dapat menjadi berkah bagi seorang fotografer. Banyak moment yang bisa diabadikan dikala hujan. Hujan juga menambah dramatis pada suatu foto. Berikut beberapa tips yang perlu dipersiapkan ketika memotret dikala hujan:

1. Kamera

             
            Pilihlah kamera dengan layar LCD flip. Kamera dengan layar flip memungkinkan kita dapat menjangkau angle-angle tertentu tanpa harus mengorbankan badan untuk dlosoran atau basah-basahan. Sudah terdapat banyak kamera dengan layar LCD flip antara lain Canon 600D, 650D, 60D dll.

2. Lensa


        
          Pemilihan lensa juga penting mengingat peralatan fotografi tidak bersahabat dengan air hujan secara langsung. Lensa tele/zoom dinilai tepat digunakan dalam kondisi hujan karena dengan fungsi zoomnya kita tidak perlu mendekati objek sambil kehujanan. Kita dapat mengambil objek dari tempat teduh tanpa harus berbasah-basahan. Sambil dudukan dari teras rumah pun juga bisa.

3.  Tripod



          Tripod dan monopod merupakan optional dalam keadaan hujan. Namun, untuk mendapatkan foto air hujan dengan low speed kita membutuhkan tripod atau monopod untuk menjaga kamera kita agar tidak shake atau goyang. Karena kalau goyang bukan fotografer, tapi biduan kak.

 4. Flash

           Flash atau lampu digunakan sebagai efek maupun penambah cahaya. Dikarenakan ketika hujan dengan awan mendung kondisi cahaya tidak terlalu terang.

5. Payung dan handuk









Nah ini yang tidak kalah pentingnya, yaitu payung atau handuk. Alat-alat ini digunakan untuk melindungi peralatan fotografi maupun melindungi diri sendiri dari godaan setan yang terkutuk. Eh, melindungi diri dari basahnya hujan

Itulah sedikit tips yang bisa kami bagikan. Jadi meskipun hujan kita tetap bisa berkarya. Selamat bersahabat dengan hujan kak, semoga dengan datangnya hujan seiring dengan datangnya berka. Amin

Komentar

Postingan Populer