Bagaimana Cara Menggunakan Monopod

Bagaimana Cara Menggunakan Monopod



Beberapa orang menganggap bahwa monopod adalah salah satu alternatif dari tripod. Tapi sebenarnya, monopod memiliki fungsi unik dalam menjaga stabilitas kamera Kamu.
Perlu Kamu catat bahwa monopod tidak menjaga stabilitas kamera Kamu sebaik tripod. Kamu tidak bisa menggunakan monopod pada setting shutter speed yang lambat, atau untuk memotret cahaya lampu kendaraan di malam hari.
Monopod mungkin akan bisa membuat Kamu memakai satu sampai dua stop lebih rendah daripada Kamu memegang kamera dengan tangan Kamu.
Meski pun begitu, Kamu akan menemui suatu kondisi dimana jumlah cahaya yang sedikit atau lensa kamera Kamu panjang. Tetapi keadaan tidak memungkinkan Kamu menggunakan tripod. Maka monopod menjadi jalan keluar yang bagus!
Salah satu alasan kenapa monopod disukai oleh fotografer olahraga adalah monopod dapat digunakan di tempat-tempat yang ramai, di mana tidak banyak ruang kosong untuk tripod, atau di tempat-tempat di mana tripod dilarang.
Monopod juga bisa diperpendek, dilipat menjadi kecil atau pendek, sehingga Kamu bisa bergerak cepat mengikuti objek Kamu.
Bagaimana Menggunakan Monopod
Ada tiga cara penggunaannya yang saya tahu.

Posisi di atas adalah posisi klasik, dan paling banyak digunakan. Pada posisi ini Kamu menaruh kamera tepat di depan Kamu. Dan kaki monopod ditaruh di antara kaki Kamu yang sedikit membuka.
Jika permukaan tanah keras, dan monopod Kamu mungkin tergelincir, cobalah menggunakan posisi pemanah. Tumpukan monopod Kamu ke kaki belakang Kamu.
Kamu bisa menggunakan monopod seperti contoh di atas untuk mendapatkan view dari atas. Kemudian gunakan fitur self-timer atau remote shutter release untuk mengambil gambarnya.

Sumber : senseipress.com

Komentar

Postingan Populer