5 Event Seni Terbaik di Jogja



        Jogjakarta, kota yang disebut-sebut sebagai kota pariwisata sekaligus kota dengan aktivitas seni yang tinggi. Keanekaragaman tempat pariwisata yang ada di Jogjakarta tidak terlepas dari peran kegiatan seni yang tumbuh di Jogjakarta. Tiap sudut kota Jogja dapat ditemui kegiatan-kegiatan yang memiliki nilai seni. Dari yang komersil maupun non-komersil.
         Tingginya kegiatan seni di Jogjakarta mendorong tumbuhnya tujuan-tujuan wisata baru di Jogja. Salah satu contoh tujuan wisata seni yang sedang tumbuh subur di Jogja adalah Event Seni atau Art Exhibition. Tumbuhnya berbagai Event Seni di Jogja membuat kota Jogja tidak pernah sepi dengan kegiatan seni dan pertunjukan seni. Mulai dari pameran solo seniman, pameran komunitas atau kelompok seni, hingga pertunjukan seni yang diadakan oleh Pemkot Jogja.
        Pemkot Jogja menjaga dengan baik karya-karya seni dan seniman di Jogjakarta. Pemkot Jogja berkerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIJ mewadahi seniman dan karya seni di Jogja dengan membuat event rutin tahunan. Beberapa Event Seni tahunan yang sudah berjalan dengan baik antara lain:

1. Festival Kesenian Yogyakarta






2. Biennale Jogja





3. Artjog



4. Ngayogjazz







5. Pasar Kangen






        Event-event tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Seperti Festival Kesenian Yogyakarta yang menonjolkan pasar seni dan panggung seninya, Biennale Jogja dengan art exhibition dan contemporary art-nya yang berkolaborasi dengan seniman internasional, Artjog dengan festival seni konseptual yang melibatkan banyak karya seniman, lalu ada Ngayogjazz yang menampilkan berbagai musik jazz yang dibungkus secara tradisional dan ada juga Pasar Kangen yang menyuguhkan berbagai barang dan kuliner masa lalu. Adanya berbagai event seni tahunan tersebut menjadikan kota Jogja memiliki daya tarik pariwisata yang kuat. Tidak jarang orang dari luar Jogja menyempatkan diri mengunjungi event-event seni tahunan tersebut. Terlebih lagi masyarakat Jogja khususnya mahasiswa Jogja yang memiliki animo besar untuk mengunjungi event seni tersebut.
         Tidak hanya dapat menikmati pertunjukan atau suguhan dari berbagai event seni tersebut, namun kita juga dapat mengabadikan moment ataupun karya seni yang terdapat dalam event seni tersebut. Event tahunan itu pun kini dijadikan mahasiswa maupun fotografer sebagai tempat hunting foto yang ciamik. Penataan artistik yang kreatif dan bentuk karya seni yang unexpected menantang seorang fotografer untuk dapat mengabadikan karya seni menjadi gambar yang mampu "berbicara". Tidak heran banyak jumlah foto karya seni atau artistik yang di upload di media sosial ketika event-event tersebut berlangsung. Event-event tersebut kini selalu dinanti oleh fotografer amatir hingga professional sebagai ajang pesaingan kreatifitas dan dijadikan sebagai sebuah challenge bagi fotografer.
          Event-event tersebut memiliki durasi yang dapat dikatakan lama, mulai dari satu hari sampai lebih dari satu bulan. Namun, sebagian besar orang mengunjungi event seni hanya 2 sampai 3 kali. Dengan tingkat frekuensi yang tidak begitu banyak dalam mengunjungi event tersebut, pengunjung atau fotografer yang tidak memiliki peralatan fotografi memilih menggunakan peralatan sewaan. Selain prosedur penyewaan yang mudah, berbagai macam peralatan fotografi dapat ditemui di persewaan kamera. Salah satu tempat rental kamera terpercaya di Jogjakarta adalah Jogjakamera. Jogjakamera menyediakan berbagai macam jenis kamera dan perlengkapannya untuk disewakan. Dengan berbagai pilihan kamera dan perlengkapannya, fotografer dapat memilih kamera dan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi event. Berbagai kondisi event seperti banyak sedikitnya sumber cahaya, besar kecil ruang, lokasi outdoor atau indoor memungkinkan fotografer untuk memilih peralatan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Dengan rental kamera di Jogjakamera, fotografer dapat memilih peralatan yang tepat tanpa mengeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai macam peralatan fotografi. Kalo bisa gontaganti ngapain beli?

Komentar

Postingan Populer